Home » » Ciri Ciri Hardisk Rusak

Ciri Ciri Hardisk Rusak

  - بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ -

KeMaL's Blog - Assalamualaikum sobat,kali ini saya akan membahas tentang Ciri Ciri Hardisk Rusak. Kenapa pada posting saat ini saya membahas soal itu? . Jelas , jawabannya karna itu sangat penting. Kita sebagai pengguna Laptop / PC seharusnya tahu ciri-ciri kerusakannya, agar kita selalu waspada dan bisa membackup file-file penting yang ada di laptop / PC kita agar tidak hilang.Kita sebenarnya bisa mengetahui kerusakan hardisk ini dengan beberapa software/ aplikas. Software tersebut nantinya akan membaca S.M.A.R.T ( Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology ) yang dicatat oleh OS (Operating System ). Akan tetapi terkadang Metode SMART ini kurang efektif karena terkadang kondisi Hardisk telah lebih dulu rusak sebelum aplikasi SMART ini memberi peringatan kepada kita.

Maka dari itu kita juga harus tahu ciri-ciri kerusakan hardisk agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kitaq inginkan. Karena kerusakan Hardisk tidak semata dilihat dari kerusakan fisik saja. malah lebih sering kita temui kerusakan pada software nya. Penyebabnya karena mungkin terjadi kersakan system seperti Bad Sector, bad shadow, bad cluster, dll. sedangkan kerusakan fisik itu biasanya terjadi karena kabel nya sudah jelek atau mengalami kecacatan, misal terbakar atau mengelupas.

Berikut ini adalah ciri-ciri kerusakan Hardisk yang bisa kalian lihat dari beberapa faktor bibawah :
  • Loading HDD sangat lambat  meskipun LED blinking menandakan ada aktifitas pembacaan, tapi blinking berulang-ulang, tanda ada bad sector.  indikasi ini juga biasanya terlihat saat setup OS baru beberapa tahap sudah tidak terdeteksi sampai  munculnya blue screen.
  • Kinerja PC / Laptop menjadi lambat, layaknya terkena virus. Komputer sangat lambat ketika mengeksekusi suatu perintah dari user. Berdasar pengalaman saya, banyak orang yang mengira hal ini disebabkan oleh virus, namun ketika OS di instal ulang. ternyata hasilnya sama saja! maka dapat dipastikan bahwa ada yang error dengan hardware komputer sobat, dan kemungkinan besar ada pada hardiks jika terjadi kondisi sepeti ini.
  • Munculnya suara-suara aneh dari hardisk. Ketika anda menyadari sesuatu yang aneh dengan komputer anda, tidak ada salahnya untuk mencoba mendengarkan aktifitas yang terjadi di CPU sobat! kerusakan pada hardisk biasanya mengeluarkan suara-suara aneh. saya sendiri tidak bisa menggambarkan suara aneh itu, namun biasanya terdengar seperti berderit, atau bersiut.
  • Banyaknya file yang corrupt di dalam hardisk anda bisa jadi indikasi bahwa ada kejanggalan di hardik sobat. maksud dari corrupt nya file ini bukan corrupt dari awal,  namun sebelumnya file itu baik-baik saja. Namun ketika terjadi ke error an dalam hardisk file normal pun bisa korup.
  • Salah satu hal yang menjadi pertanda nyata dari kerusakan harddisk adalah bad sector. Jika di dalam harddisk Anda terdapat banyak bad sector, maka Anda harus segera menyelamatkan data Anda sebelum semuanya rusak. Anda dapat melakukan sendiri pengecekan terhadap bad sector ini melalui aplikasi bawaan yang ada di Windows. Pada Windows 7, buka Start > Computer kemudian klik kanan pada hard disk atau partisi yang ingin Anda periksa. Setelah itu pilih Properties dan masuk ke tab Tools kemudian pilih Check now. Pada window Checking Disk, centanglah opsi Automatically fix file system errors
 Mungkin cuma ini yang dapat saya bahas dalam posting saya kali ini. Semoga dengan mengetahui beberapa ciri tersebut, sobat bisa lebih waspada terhadap kerusakan hardisk. Semoga artikel ini bermanfaat.
Wassalamualaikum WrWb.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 Comment:

Posting Komentar

Pengunjung

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. KeMaL's Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger