Home » » Belajar Teknik Kepramukaan dengan Media Interaktif

Belajar Teknik Kepramukaan dengan Media Interaktif

Berikut ini software yang dapat memudahkan kita belajar teknik kepramukaan (Tekpram) :

 Program Morse


Program ini digunakan untuk mempelajari atau menterjemahkan morse ke dalam teks atau membuat soal morse. Seperti yang kita lihat pada screenshot di atas, setiap kita mengetik teks maka software ini akan langsung menterjemahkan baik dari teks ke morse atau morse ke teks sesuai pilihan pada menu yang tersedia.
Silakan download di link ini gratis dan nikmati kemudahannya.




Sama halnya dengan software penterjemah morse di atas, software ini juga akan menterjemahkan teks ke semaphore. Bedanya, yang ini searah saja, dari teks ke gerakan semaphore. Metode gerakannya bisa langsung ketika mengetik teks, bisa juga setelah tombol ditekan.


Program Sandi AN
Menggunakan sandi AN sebenarnya tidak terlalu sulit, namun jika dipermudah lagi maka tak ada salahnya juga kan. Untuk pembina atau siapa saja yang biasa membuat soal atau bahkan masih belajar sandi ini, ada baiknya Anda menggunakan indikator atau media dari software ini.

Tak akan terlalu sulit kok, tinggal ketik langsung muncul kodenya. Bisa ketik huruf besar maupun kecil.


Bagaimana? OK Gak ?




Program Sandi AZ
Sama persis sama sandi AN tadi. Hanya saja, kuncinya kan yang tadi A=N dan yang sekarang A=Z. Jadi dengan program ini, tak perlu menghafal alphabet ya. Tapi kalau alphabetik saja gak hafal, berarti sandi lain juga gak bisa donk, he he he he :)







Program Pengirim Berita Morse


Memang tak banyak yang ditampilkan oleh screenshot aplikasi ini. Namun, di sini Anda bisa menyampaikan pesan morse secara audio. Tentunya dengan dukungan multimedia komputer yang Anda miliki.
Dari tombol-tombol yang tersedia, tampaklah jelas secara singkat bahwa program ini sangat sederhana cara penggunaannya. Saya rasa, tanpa tutorial yang detail sekalipun asalkan sudah biasa pegang komputer, pasti bisa menggunakan program ini.
Gak percaya ? Coba download program ini dan buktikan.

Sama dengan sandi-sandi yang lain. Program ini sama dengan pengirim morse di atas. Hanya bedanya, morse disampaikan secara audio dan semaphore disampaikan secara visual.

Penggunaannya sangat mudah dan sederhana. Di sini ada 4 tombol yang masing-masing adalah:
  • Kirimkan Berita/Batalkan Pengiriman: tombol ini akan aktif jika sudah ada berkas (*.txt) yang terbuka. Jika belum ada, silakan gunakan tombol 'Buka Soal' atau 'Buat Soal'
  • Buka Soal: digunakan untuk membuka berkas yang sudah pernah dibuat untuk kemudian disampaikan melalui kode semaphore
  • Buat Soal: digunakan untuk membuat berkas baru dan langsung dibuka untuk disampaikan melalui berita semaphore.
  • Tentukan lama tampil per Huruf: digunakan untuk men-set berapa lama per kode ditampilkan (dalam satuan detik/per huruf)
Selamat mencoba !
Program Sandi Koordinat
Mungkin software sederhana ini bisa dijadikan media belajar tekpram. Ini adalah software sederhana generator Sandi Koordinat.


Cara penggunaannya juga mudah:

  • Sandi Koordinat adalah sandi yang menggunakan kunci 2 kata dengan masing-masing memiliki 5 huruf. Dan di antara masing-masing 5 huruf itu tidak boleh ada huruf kembar/sama dalam satu kata.
  • Contoh kata kunci : PASIR-PUTIH; PANDU-DUNIA dan lain-lain (silakan cari sendiri)
  • Contoh kata kunci salah : KAPUK-RANDU; SIAGA-BANTU; PASAR-MALAM
  • Pastikan kata kunci sudah diset, jika belum klik saja di 'Set Kunci' namun jika sudah dan ingin ganti kata kunci, silakan klik 'Ganti Kunci'.
  • Tentukan arah penulisan dengan memilih 'Kata ke Sandi' untuk membuat sandi, atau 'Sandi ke Kata' untuk menterjemahkan sandi.
  • Tulis/ketiklah teks yang akan diproses ke dalam sandi di kotak pertama, yang atas.
  • Lihat, gunakan hasil proses di kotak kedua, yang bawah.
Selamat mencoba . . . . :)
Share this article :
Comments
0 Comments

0 Comment:

Posting Komentar

Pengunjung

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. KeMaL's Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger